Kamis, 01 September 2011

10 Fakta Menarik Tentang Kupu-Kupu.

Kupu-kupu merupkan salah satu hewan yang paling canting di muka bumi ini. Karena apa kebanyakan para lelaki merayu wanita dengan diibaratkan seekor kupu-kupu wkwkw.
Tapi taukah anda jika ada beberapa fakta menarik mengenai kupu-kupu?

Ketika menjadi ulat serangga jelek ini sangat merugikan karena menghabiskan dedaunan yang ada pada tanaman, namun setelah mengalami masa kepompong, dia akan berubah menjadi seekor kupu-kupu yang terbang cantik nan elok kesana-kemari. Sama seperti lebah yang berguna, kupu-kupu seakan membalas budi atas keserakahanya menyantap dedaunan dulu dengan cara membantu penyerbukan bunga.


1. Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan, tetapi karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipis sayapnya, sayap kupu-kupu menjadi terlihat bewarna-warni. Nah iya kan? beberapa bagian masih ada yang transparan.


2. Seperti yang sudah kita ketahui, kupu-kupu merupakan serangga holometabola yang mengalami metamorfosis sempurna.


3. Kupu-kupu dapat merasakan rasa daun dengan kakinya ketika hinggap di dedaunan. Kupu-kupu mengecek apakah daun itu cukup lezat untuk dimakan ulat(anak-anaknya) kelak setelah menetas apa tidak.


4. Setelah menetas dari telur hingga menjadi kupu-kupu, ulat mengalami peningkatan besar tubuh sampai 27.000 kali.


5. Ulat tidak mempunyai tulang tetapi memiliki banyak sekali kaki-kaki kecil sehingga bisa bergerak dengan cepat untuk mencari makan atau menghindari musuh.


6. Kupu-kupu memiliki mulut yang panjang yang digunakan untuk menghisap makanan. Mulut khusus ini disebut Probosis.


7. Beberapa kupu-kupu ada yang tidak pernah makan karena tidak punya mulut. Kupu-kupu tersebut bertahan hidup hanya dengan energi yang dikumpulkan ketika menjadi kepompong.


8. Ukuran kupu-kupu berkisar antara seperdelapan inchi sampai 12 inchi.


9. Kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.


10. Kupu-kupu sanggup bermigrasi sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat(tropis) ketika musim dingin tiba dan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba.


Itulah kesepuluh
fakta unik menenai kupu-kupu yang mungkin saja belum kita ketahui.

Source : http://statusunik.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar